SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
“ Sifat Fisik Senyawa "
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel
materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya
bersifat tentatif.
|
· Sifat fisik senyawa.
·
Bentuk molekul
|
Mengamati
·
Membaca tabel titik leleh beberapa
senyawa ion dan senyawa kovalen
·
Membaca
titik didih senyawa hidrogen
halida.
·
Mengamati
struktur Lewis beberapa unsur.
Menanya
·
Dari tabel
tersebut muncul pertanyaan, mengapa ada senyawa yang titik lelehnya rendah dan ada yang titik
lelehnya tinggi?
·
Mengapa titik didih air tinggi pada hal air mempunyai massa molekul relatif kecil?
·
Mengapa atom logam cenderung
melepaskan elektron? Mengapa atom nonlogam cenderung menerima elektron dari
atom lain? Bagaimana proses terbentuknya ikatan ion? Bagaimana ikatan kovalen
terbentuk? Apakah ada hubungan antara ikatan kimia dengan sifat fisis
senyawa?
Pengumpulan data
·
Mengingatkan susunan elektron valensi dalam orbital.
·
Menggambarkan awan elektron valensi berdasarkan susunan elektron dalam
orbital.
·
Menganalisis pembentukan senyawa berdasarkan
pembentukan ikatan (berhubungan dengan kecenderungan atom untuk mencapai kestabilan).
·
Membandingkan proses terbentuknya ikatan ion dan ikatan kovalen.
·
Menganalisis penyebab perbedaan titik leleh antara senyawa ion dan
kovalen.
·
Menganalisis
beberapa contoh pembentukan senyawa kovalen dan senyawa ion.
·
Menganalisis beberapa contoh senyawa kovalen tunggal, kovalen rangkap
dua, kovalen rangkap tiga dan kovalen koordinasi.
·
Menganalisis sifat logam dengan proses pembentukan ikatan logam.
·
Menganalisis
hubungan antara keelektronegatifan unsur dengan kecenderungan interaksi antar
molekulnya
· Menganalisis pengaruh interaksi antarmolekul terhadap sifat fisis
materi.
·
Merancang percobaan kepolaran beberapa senyawa (mewakili senyawa kovalen, kovalen polar
dan senyawa ionik)
serta mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi.
·
Melakukan
percobaan terkait kepolaran beberapa senyawa (mewakili senyawa kovalen, kovalen polar dan senyawa
ionik).
·
Mengamati dan mencatat hasil percobaan kepolaran senyawa.
·
Menganalisis
dan menyimpulkan hasil percobaan dikaitkan dengan data keelektronegatifan.
Mengasosiasi
· Menganalisis konfigurasi elektron dan struktur Lewis dalam proses
pembentukan ikatan kimia.
· Menyimpulkan bahwa jenis
ikatan kimia
berpengaruh kepada sifat fisik materi.
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan hasil analisis
perbandingan
pembentukan ikatan.
·
Menyimpulkan hasil percobaan tentang kepolaran senyawa dan mempresentasikan dengan menggunakan bahasa yang benar.
Mengamati
· Mengamati
gambar bentuk molekul beberapa senyawa.
Menanya
·
Bagaimana menentukan bentuk molekul suatu senyawa?
Pengumpulan data
· Mengkaji literatur
untuk meramalkan bentuk molekul dan mengkaitkan hubungan bentuk
molekul dengan kepolaran senyawa.
Mengasosiasi
·
Menyimpulkan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah
pasangan elektron di sekitar inti atom.
·
Menyimpulkan hubungan bentuk molekul dengan kepolaran senyawa.
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan gambar bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom.
· Menyajikan hubungan kepolaran senyawa dengan bentuk
molekul.
|
Tugas :
· Merancang
percobaan tentang kepolaran senyawa
Observasi
·
Sikap ilmiah dalam mencatat data hasil percobaan
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
·
Membandingkan proses pemben-tukan
ion dan ikatan kovalen.
·
Membedakan ikatan kovalen tunggal dan ikatan kovalen rangkap
·
Menganalisis kepolaran senyawa
·
Menganalisis hubungan antara jenis ikatan dengan sifat fisis senyawa
·
Menganalisis bentuk molekul
|
10
mgg x 3 jp
|
· Buku teks kimia
· Literatur lainnya
· Encarta Encyclopedia
· Lembar kerja
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif ) dalam
merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam
sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun,
toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif, dan
proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
|
|||||
3.5 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan
kovalen, ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam serta interaksi antar partikel
(atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.6 Menganalisis kepolaran senyawa.
3.7 Menganalisis teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom (Teori Domain
Elektron) untuk menentukan bentuk molekul.
|
|||||
4.5 Mengolah dan menganalisis perbandingan proses
pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam
serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya
dengan sifat fisik materi.
4.6 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan
serta menyajikan hasil percobaan kepolaran senyawa.
4.7 Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di
sekitar inti atom (Teori Domain Elektron).
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar